JA slide show
 
"Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa" tema Hari Pendidikan Nasional 2011 PDF  ICON_SEP Print ICON_SEP  Email
(Jatinangor, 2 Mei 2011).  Civitas akademika IPDN peringati Hari Pendidikan Nasional bertempat di Lapangan Parade Kampus IPDN Jatinangor. Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 adalah Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa dengan Subtema Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si dengan Komandan Upacara NP Teguh Surahman Jaya. 
 
Acara diawali dengan mengibarkan bendera Sang Merah Putih dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. kemudian dibacakan secara berturut-turut Pembukaan UUD 1945, Pancasila dan Panca Prasetya Korpri.  Pada kesempatan tersebut juga di nyanyikan Hymne Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bakti setelah amanat dari Inspektur Upacara.                                              

                                                 
Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional antara lain mengemukakan bahwa alasan mengapa tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 ini sebagaimana disebutkan di atas adalah sebagai jawaban terhadap tantangan global dan internal yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang mengharuskan kita semua untuk lebih memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai bangsa Indonesia.

Selanjutnya dikemukakan bahwa Pemerintah berencana menerapkan pendidikan karakter mulai tahun ajaran baru 2011/2012  mendatang.  Materi tersebut akan diberikan mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi.  

Tema ini mengingatkan kembali kepada kita semua tentang hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita yaitu Ki Hajar Dewantoro yang hari ini kita periangati hari Kelahirannya sebagai hari pendidikan Nasional.  Pendidikan, kata Ki Hajar Dewantoro adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekautan batin, karakter), pikiran (intellect) dan jasmani anak didik.

Pada akhir sambutan mendiknas menyampaikan pesan kepada semua pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penggiat dan pencinta dunia pendidikan di seluruh tanah air bahwa bersamaan dengan gerakan pendidikan berbasis karakter sekaligus kita siapkan generasi Indonesia 2045 yaitu pada saat menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka.  Dan itu harus kita mulai dengan memberikan perhatian khusus kepada pendidikan anak usia dini.  Merekalah, nantinya yang akan melanjutkan pembangunan Bangsa dan Negara Republik Indonesia

Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Majulah dunia pendidikan dan majulah Indonesia.

 

Sumber : Subbag Protokol dan Dokumentasi Humas

Last Update : Admin (2011-05-02; 16:51:21)

 

Kalender

August 2014
MTWTFSS
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031