Pengabdian Masyarakat

Dosen IPDN Proaktif Berikan 10 Judul Penelitian Tahun Ini

18 October 2023


IPDN, ipdn, Dosen IPDN Proaktif Berikan 10 Judul Penelitian Tahun Ini

Jatinangor (18/10/2023), demi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang dapat diandalkan dalam menyikapi berbagai tantangan dan dinamika perubahan, IPDN terus melakukan inovasi dan terobosan terutama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya yakni dengan melaksanakan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para dosen yang mengajar di IPDN. Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M hari ini hadir secara langsung dalam acara Seminar Evaluasi dan Pelaporan Penelitian Kelompok Dosen IPDN Tahun 2023 di IPDN Kampus Jatinangor. Menurut Prof. Hadi, kebijakan melaksanakan penelitian di lingkungan IPDN saat ini diarahkan pada upaya untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah, memiliki etika penelitian, penggunaan metode penelitian yang tepat, sistematis, logis dan akurat. “Sampai dengan saat ini jumlah publikasi penelitian dosen IPDN yang tercatat pada Lembaga Penelitian sebanyak 16 artikel jurnal ilmiah dimana 5 artikel sudah dipublikasikan di jurnal internasional dan 11 artikel dipublikasikan di jurnal nasional”, ujarnya.
Prof. Hadi berharap hasil penelitian dosen IPDN ini kedepannya dapat menjadi bahan masukan dan referensi tidak hanya bagi Kementerian Dalam Negeri dan IPDN juga bagi pemerintah daerah lokasi penelitian dan masyarakat Indonesia pada umumnya. “Pada seminar kali ini terdapat 10 judul penelitian kelompok Dosen, yang mengangkat topik penelitian berbasis kondisi empirik dari beberapa masalah yang dihadapi oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah tempat penelitian itu berlangsung. Nantinya diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan yang konstruktif bagi Kemendagri dan pemerintah daerah tersebut”, tuturnya.
Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi kepamongprajaan di Indonesia, IPDN dituntut untuk mampu menguasai ilmu pemerintahan serta dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara, untuk itulah IPDN menurut Prof. Hadi bersikap proaktif dalam melaksanakan 3 unsur dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Saat ini IPDN berupaya meningkatkan kualitas penelitian dengan cara melakukan seleksi yang ketat dan kompetitif atas seluruh proposal penelitian yang diajukan oleh dosen. Semuanya dilakukan dibawah kontrol dan arahan Tim Reviuwer yang kita percaya memiliki kepakaran di bidang penelitian”, ujarnya. Saat ini pola penelitian IPDN dibagi menjadi 2 klasifikasi yaitu penelitian lingkup institut yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan penelitian lingkup program stufi yang melibatkan dosen dengan praja dibawah supervise Dekan Fakultas.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Humas