Implementasi Kebijakan Publik Etika Profesi Pamong Praja

Kebijakan publik merupakan salah satu fokus bahasan dari Ilmu Administrasi Publik. Keterkaitan ini dapat ditemui dari pendapat para ahli dalam literatur-literatur Administrasi Publik yang antara lain mengatakan bahwa Administrasi Publik terdiri dari semua kegiatan guna mencapaian suatu tujuan atau untuk melaksanakan kebijakan publik. Pendapat lain mengatakan bahwa Administrasi Publik mengamati setiap aspek usaha pemerintah untuk melaksanakan hukum-hukum dan memberikan pengaruh terhadap kebijakan publik.

Pada sisi lain studi terhadap kebijakan publik dalam banyak hal tidak dapat dilepaskan dari ilmu politik, karena kebijakan publik merupakan kajian utama dari ilmu politik. Tugas ilmu politik dalam kebijakan publik adalah menemukan dan mengemukakan variabel-variabel bebas dan variabel-variabel antara yang dipergunakan dalam perumusan kebijakan.

Salah satu unsur penting dalam siklus kebijakan publik adalah menyangkut implementasi kebijakan yang memegang peran penting bagi keberhasilan kebijakan publik. Dipahami bersama, bahwa tugas pokok pemerintah adalah menciptakan kebijakan melalui berbagai kebijakan  publik, dan kebijakan melalui berbagai kebijakan publik, dan kebijakan dimaksud akan tercapai jika kebijakan yang dibuat dapat terimplementasikan secara baik. Keberhasilan implementasi suatu kebijakan ditentukan oleh banyak variable atau faktor, baik menyangkut isi kebijakan yang diimplementasikan, pelaksanaan kebijakan, maupun lingkungan di mana kebijakan tersebut diimplementasikan (kelompok sasaran).

Buku ini mencoba menggambarkan keterkaitan antara berbagai hal terurai di atas, dan pada bagian lain membahas tentang desain organisasi pelayanan publik sebagai wadah bagi implementasi suatu kebijakan serta etika profesi pamong praja sebagai korps pelaksana atau penyelenggara suatu kebijakan.

Pamong praja sebagai implementor berbagai kebijakan pemerintah sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan suatu kebijakan, dan untuk maksud tersebut korps pamong praja memerlukan sebuah etika profesi yang menjadi pedoman tingkah laku dalam bertugas. Etika profesi pamong praja dalam buku ini merupakan suatu gagasan awal bagi pembuatan etika profesi pamong praja yang lebih komprehensif.

Semoga buku yang dimaksudkan untuk kalangan mahasiswa atau praja IPDN, dan korps pamong praja khususnya, serta masyarakat pada umumnya ini dapat memberi manfaat secara optimal. Atas saran dan masukan berbagai pihak, kesalahan cetak yang terdapat pada cetakan pertama, telah diperbaiki  pada cetakan kedua ini. Kepada semua pihak yang telah membantu penerbitan, penulis haturkan banyak terima kasih.

This entry was posted in Publikasi Ilmiah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>