Profil IPDN

(Jatinangor, 18 September 2015) Kepala Biro Bidang Adm. Umum dan Keuangan  pada sambutan pembukaan “Sosialisasi Penilaian Kompetensi Jabatan Melalui Assesment Center Kementerian Dalam Negeri” mengatakan “Sumber daya manusisa merupakan asset utama dan mempunyai peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Oleh karena itu selain perlu peningkatan integritas, perlu juga dilakukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan baik potensi maupun kompetensi setiap personil dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang". Menyadari akan pentingnya sumber daya manusia khususnya PNS serta dalam rangka meningkatkan profesionalisme PNS, Kemendagri telah membentuk Assesment Center yang menangani penilaian kompetensi PNS.

Assessment Center adalah suatu metode untuk memprediksi perilaku melalui beberapa simulasi oleh beberapa penilai untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menangani tanggung jawab di massa mendatang dengan menggunakan kriteria kesuksesan dalam jabatan tersebut.

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh melalui metode assessment center : Mendapatkan calon pejabat sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, Dapat mengembangkan potensi personilnya secara terus menerus sehingga didapatkan kinerja yang lebih baik, Dapat dipergunakan untuk mendiagnosa kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi organisasi, Dapat bekerja pada posisi atau tempat yang sesuai dengan kompetensinya, Dapat mengoptimalkan potensi diri, Dapat mengetahui kebutuhan pengembangan dirinya berdasarkan feedback yang diterimanya.

Acara Sosialisasi Penilaian Kompetensi Jabatan Melalui Assesment Center Kementerian Dalam Negeri diikuti oleh para pejabat struktural dan menghadirkan nara sumber dari Biro Kepegawaian Kemendagri.

Sumber: Humas

Main Menu